Adnan Tumanggor dan Qari Dairi

Suara-suara merdu dan syahdu saat melafalkan Alquran terdengar lembut di telinga. Dengan tartil dan tilawah yang baik, teratur, dan tersusun rapi, mereka lantunkan ayat-ayat Allah yang menenangkan jiwa dan menenteramkan hati.

Itulah suara para qori dan qoriah yang diberikan keberkahan dan mendapatkan keistimewaan dari Allah Subhana Wataala (SWT). Orang yang baik bacaan Alquran-nya serta banyak menghafal ayatnya, punya strata yang istimewa dalam salat. Merekalah yang diutamakan untuk menjadi imam meskipun usianya masih terbilang muda.

Sumatera Utara (Sumut) punya banyak sosok qori dan qoriah berprestasi. Mereka sudah mengecap pengalaman MTQ di panggung internasional. Tak sedikit pula yang membawa keberhasilan dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia. Beragam prestasi telah mereka persembahkan bukan hanya untuk Kota Medan, tapi juga Indonesia.

Sebut saja Fadlan Zainuddin; Muda Wali; tiga bersaudara Darwin Hasibuan, Jakfar Hasibuan, dan Azrai Hasibuan; serta Rika Harnita adalah di antara beberapa qori dan qoriah asal Sumut yang berprestasi di tingkat internasional. Sumut juga memiliki qori cilik pemenang MTQ tingkat nasional 2014 Adnan Tumanggor.


Kepiawaian mereka melafalkan ayat-ayat Allah telah terdokumentasi di youtube dengan viewer ratusan ribu. Mengharumkan nama bangsa di pentas internasional bagi mereka hanya terdengar manis untuksesaat. Setelahitu, mereka tetap masih harus berjibaku sendiri dalam menjalani hidup. Mereka kurang mendapat perhatian dari daerahnya sendiri. Padahal kemampuan dan prestasinya sudah diakui dunia.

Sesekali mungkin hanya sekadar mengisi acara pembukaan di peringatan hari besar keagamaan yang diperingati hanya setahun sekali. Baru terasa padat panggilan jika sudah masuk bulan suci Ramadan. Masjid-masjid, staf protokoler instansi pemerintah dan swasta berlomba-lomba mencari mereka. Usai Ramadan, mereka pun kembali terlupakan.

Apakah mereka menyesal ketika memiliki suara merdu tapi hanya untuk menjadi qori dan qoriah? Tentu tidak. Meskipun perhatian terhadap mereka sangat jauh bandingannya jika disandingkan artis-artis yang tenar lewat ajang pencarian bakat. Fadlan Zainuddin tidak pernah menyesal telah mengharumkan nama baik Sumut di kancah nasional maupun internasional.

Qori yang memiliki prestasi paling komplit ini sudah menyapu bersih semua jenjang prestasi mulai dari qori cilik, tingkat remaja, mahasiswa, maupun dewasa. Meskipun hampir di setiap kemenangannya hanya sekadar membawa pulang sebuah piala ke rumah, tidak pernah merasakan arakarakan dan sambutan yang istimewa seperti para pemenang ajang pencarian bakat.

“Disambut setingkat kepala biro di provinsi usai menang membawa nama Sumut itu sudah biasa. Tidak pala seperti para juara ajang pencarian bakat yang mungkin sudah bisa beli rumah dan mobil serta disambut meriah saat pulang,” katanya menyindir. Mengharapkan perhatian yang lebih dari pemerintah daerah hingga saat ini hanya sebagai angan-angan belaka.


Meskipun telah berulang kali diusulkan melalui lembaga tempat para qori, qoriah, dan para hafiz bernaung. Fadlan menyebutkan, perhatian yang diharapkan sebenarnya tidak terlalu muluk-muluk. Para qori dan qoriah berprestasi hanya berharap disediakan tempat untuk terus mengasah dan mengimplementasikan keilmuan dan keahliannya dalam aktivitas sehari-hari.

Dia mencontohkan seperti Malaysia dan Iran yang sudah memberikan perhatian serius. Setiap qori dan qoriah berprestasi akan diberikan insentif bulanan dan disediakan wadah sebagai tempat membina dan mengimplementasikan keahliannya di satu kawasan yang tersedia. Sehingga ilmu yang dimilikinya bisa membawa manfaat untuk masyarakat di daerah asalnya.

“Mereka dikasi satu kawasan seperti Quran Center atau semacam pesantren yang disubsidi atau dimiliki pemerintah namun dikelola oleh para qori yang berprestasi. Jabar dan Jatim sepertinya sudah mulai melakukan ini, kalau untuk Sumut belum ada sama sekali,” ungkapnya. (Baca selanjutnya)
Share on Google Plus

About peace

Dairi Keren kumpulan berira mengenai Dairi dan Pakpak

1 komentar:

  1. MAU DAPAT UANG TANPA KERJA DAN MODAL?
    COBA AJA LANSUNG KE ZEUBOLA
    HOKI ANDA ADA DISINI!

    INI ADALAH PROMO MENARIK UNTUK ANDA :
    BONUS NEW MEMBER 10% S1288 & SV388
    BONUS DEPOSIT 5% S1288 & SV388
    BONUS DEPOSIT 10% SABUNG AYAM
    BONUS CASHBACK BOLA TANGKAS 10%

    MELAYANI DEPOSIT REKENING DENGAN SUPPORT BANK LOKAL
    MELAYANI DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official






    BalasHapus