Perjuangan Dakwah Panglima Koser Maha Usai Tewasnya Sisingamangaraja XII

Masjid Bintang hasil dakwah Panglima Sisingamangaraja XII, Koser Maha
DAIRI KEREN -- Walaupun Sisingamangaraja XII sudah tewas ditembak Belanda pada 1907, beberapa panglimanya yang masih hidup dan tidak sedang berada dalam pasukan Sisingamangaraja XII saat disergap meneruskan hidupnya dengan berdakwah Islam.

Informasi Belanda menjelaskan bahwa setahun setelahnya Panglima Koser Maha atau Pemahur Maha seorang Pertaki (orang Dairi) dari Kneppen (sekarang disebut Siempat Nempu) terus melanjutkan dakwah Islam melawan penjajahan Belanda dan Misionarisnya.

Dia pergi ke rumah saudaranya di Batu-batu Singkil yang juga seorang Raja yang Muslim. Intel Belanda melaporkan Panglima Koser kembali ke kampungnya dan berhasil membangun masyarakat Islam di Kenppen, Kuta Dallang, Kuta Tengah, Maha Bunga, Pengkirisen, Kutantuang, Tambahan, Kuta Taduk-Tanduk, Mbinara, Tuntung Batu, Kintara, Bintang dan wilayah lainnya khususnya di Siempat Nempu dan Silima Pungga-pungga.

Dia juga meminta Raja Runding untuk mengirim dai dan muballih dan dikirim Haji Ibrahim. Gerak-berik mereka terus dipantau Belanda dan diberi label "Slimin" atau "Muslimin" yang berkonotasi pemberontak.

Dakwah di Dairi berbuah hasil dan dimulai pembangunan masjid besar-besaran di antaranya Masjid di Kenppen tahun 1914 yang sekarang bernama Masjid Muharram, Masjid Bintang (1918), Masjid Lama (1925) di Sidikalang.

Kaum muslimpun berkembang pesat sejak 1912 dan banyak yang melanjutkan studi ke luar seperti Abdullah Geruh Maha (Pangkoncil) dan Musa Lembeng yang pergi kuliah ke Kedah Malaysia dan kembali mengabdi di Dairi.

Ikut pula beberapa lainnya ke Kedah seperti Mukhtar Manik, Djabbar Sagala, Makleman Pasaribu dan Hasan Bauarea dan semua kembali ke kampung halaman menyebarkan agama.

Lihat sumber






Share on Google Plus

About peace

Dairi Keren kumpulan berira mengenai Dairi dan Pakpak

2 komentar:

  1. Games.online IONQQ.GAMES/ IONpk.org. pin BB :58ab14xf5
    silahkan daftar dan dapatkan keuntungan yang besar dengan bermain di IONpk.Org:)

    BalasHapus
  2. Games.online IONQQ.GAMES/ IONpk.org. pin BB :58ab14xf5
    silahkan daftar dan dapatkan keuntungan yang besar dengan bermain di IONpk.Org:)

    BalasHapus