Hari Raya Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Dairi Aman

ilustrasi



DAIRI KEREN -- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Dairi optimistis ketersediaan stok hewan kurban untuk momentum Iduladha 1440 Hijriah di Dairi aman.

Kabid Peternakan Distanak Dairi, John F Manurung menuturkan, kesehatan hewan-hewan kurban juga diawasi, mulai sejak masih di tempat penampungan, hingga nanti saat di tempat penyembelihan.

"Yang kita awasi tak hanya berkaitan dengan kesehatan hewan kurban, melainkan juga soal kebersihan, kemudian pengolahan limbahnya, dan lain-lain," tutur John saat ditemui Tribun Medan di ruang kerjanya, Rabu (7/8/2019).

John didampingi Kasi Kesmavet-nya, Dedy Sofyan Ujung, menjelaskan, prediksi kebutuhan hewan kurban Kabupaten Dairi tahun 2019 ini tak akan jauh dari tahun 2018 lalu.

Kebutuhan hewan kurban sapi di Dairi, lanjut John, biasanya dipasok dari luar daerah, antara lain dari Simalungun, Langkat, dan Binjai.

"Tahun lalu, untuk hewan sapi mencapai 40 ekor dan kambing/domba 160 ekor. Perkiraan kita, tak akan ada peningkatan yang signifikan," kata John.

John menambahkan, ada ketentuan baru yang berlaku pada Iduladha tahun ini, yaitu dilarang menggunakan kantong plastik hitam untuk distribusi daging hasil pemotongan hewan kurban.

Sebab, kantong plastik hitam merupakan hasil daur ulang sampah plastik yang tidak diketahui riwayatnya dan diduga terkontaminasi bahan kimia dan logam berat, sehingga membahayakan kesehatan bila digunakan sebagai wadah makanan.

Ketentuan ini merupakan tindak lanjut peringatan/surat edaran BPOM RI mengenai kantong plastik.

Panitia penyelenggara kurban, sambung John, diimbau untuk menggunakan kantong plastik bening yang berbahan mudah terurai, atau penerima kurban membawa wadah sendiri dari rumah. (sumber)
Share on Google Plus

About peace

Dairi Keren kumpulan berira mengenai Dairi dan Pakpak

0 komentar:

Posting Komentar